Ampuh! Inilah 5 Cara Melatih Anak Mandiri Sedari Dini

Cara Melatih Anak Mandiri Sedari Dini

Menanamkan sikap mandiri dalam diri anak sejak dini tentu penting untuk dilakukan, agar nanti ketika dewasa ia dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya serta mampu menyelesaikan beragam masalah di kehidupannya. Anak mandiri tentu berawal dari didikan orangtuanya, karena itulah Anda perlu mempelajari bagaimana cara mendidik anak agar mandiri dengan cara ini.

  1. Berikan Kesempatan untuk Menentukan Pilihan

Jika Anda ingin buah hati Anda dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri, biarkan ia menentukan pilihannya sendiri. Anda perlu mengajarkan bahwa selagi ia dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, maka ia tak perlu bergantung pada orang lain.

Salah satu caranya yakni dengan membiarkan ia menentukan pilihan dan jangan terlalu memaksakan kehendak Anda kepadanya. Selain itu, berikan pemahaman dari sisi negatif dan positif ketika ia hendak mengambil sebuah keputusan.

  1. Berikan Contoh Secara Langsung

Anak-anak akan meniru setiap tingkah dan perilaku orangtuanya, untuk itu Anda perlu memberikan contoh baik secara langsung kepada buah hati Anda. Jika Anda ingin menanamkan rasa mandiri dan tangguh pada si Kecil, Anda dapat mencontohkan hal sederhana kepadanya seperti mengajarkan bagaimana cara mengikat tali sepatu, mengancingkan baju, dan lain sebagainya.

  1. Berikan Tugas Ringan dan Jadikan Kebiasaan

Setelah memberikan contoh secara langsung, si Kecil pun akan mengerti bahwa ternyata dirinya tidak perlu bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan sesuatu dan memilih untuk menjadi anak mandiri.

Setelah itu Anda dapat memberikan tugas ringan seperti membereskan mainannya sendiri, membuang bungkus makanan ke tempat sampah, dan lain-lain. Jadikan tugas ini menjadi sebuah kebiasaan, sehingga nantinya ia tidak akan merasa keberatan dan terbiasa melakukannya sendiri.

  1. Berikan Apresiasi dan Pujian

Ketika anak mencoba mengeksplorasi hal baru ataupun ketika ia mencoba untuk menyelesaikan sesuatu sendiri, sebisa mungkin berikan feedback positif untuknya. Hindari komentar yang terkesan memarahi atau menyalahkannya, karena dapat membuat ia terpuruk dan enggan untuk melakukannya lagi. Sebaliknya, berikan apresiasi dan pujian yang membuat ia merasa dihargai dan percaya diri.

  1. Biarkan Anak Memimpin Sesekali

Misalnya si Kecil meminta Anda untuk mengenakan sweater tebal di cuaca yang panas, jangan tolak permintaannya. Ketika Anda merasa kepanasan, ia pasti akan belajar bahwa mengenakan baju tebal di cuaca panas merupakan hal yang kurang tepat. Dengan membiarkan anak membuat kesimpulan sendiri, sama seperti Anda memberikan kesempatan ia untuk belajar mandiri.

Pentingnya Melatih Kemandirian Anak

Anak yang memiliki sifat kemandirian sejak dini cenderung terlihat lebih aktif, tekun, berinisiatif tinggi, mampu menyelesaikan tugas dengan baik, mampu menguasai bagaimana strategi tepat ketika belajar, bertanggung jawab, memiliki manner yang baik, mampu mengendalikan diri, lebih percaya diri, dan tentu tidak bergantung pada orang lain.

Setiap orangtua tentu menginginkan putra putrinya tumbuh menjadi anak yang mandiri. Itulah 5 cara melatih si Kecil agar tumbuh menjadi anak mandiri yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Written by