Cara Service AC Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Service AC Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

AC adalah komponen mobil yang sangat penting karena memberikan hawa dingin di dalam kabin mobil selama perjalanan. Tidak ada AC, kamu bisa kepanasan dan tentu membuat perjalananmu tidak nyaman. Karena penting, kamu harus service AC mobil secara rutin agar fungsinya tetap baik. Kalau memang hanya diperiksa saja atau kerusakannya tidak parah, kamu bisa melakukannya di rumah.

Seperti kamu tahu, sistem AC mobil punya banyak komponen atau parts yang harus kamu perhatikan kondisinya. Setiap parts-nya punya fungsi masing-masing yang nanti memberikan hawa dingin ke kabin mobilmu. Buat kamu yang belum sempat membawa kendaraanmu ke bengkel AC mobil, berikut beberapa tips buatmu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Kompressor AC Mobil

Di dalam sistem kompressor AC mobil, ada 2 part penting yakni kompressor utama serta magnetic clutch. Kondisi AC-mu bisa tergantung dari kondisi kedua part itu. Karena itu kamu cek secara rutin apakah di bagian dindingnya ada oli yang menempel atau tidak. Kalau ada oli, berarti kompressor-mu sedang mengalami kebocoran.

Adanya oli di dinding kompressor bisa saja disebabkan yang lainnya. Kamu coba saja cek juga apakah freon-mu ada yang bocor atau tidak. Sedangkan kalau mau periksa di bagian refrigerant-nya, kamu pakai manometer gauge.

Periksa Kondensor AC

Biasanya kalau service AC mobil di bengkel, pertama kali komponen yang mereka lihat yaitu kondensor AC. Sebagai part yang sangat penting, tidak heran kamu harus mengeceknya sendiri di rumah secara rutin. AC yang kurang dingin kebanyakan disebabkan karena kondensor AC-nya banyak kotoran, sehingga udara dinginnya susah keluar.

Selain itu, kamu cek apakah di sela-sela siripnya ada basah oli. Kalau kamu menemukan oli di sela-selanya, berarti kondensormu ada yang bocor.

Periksa Pipa AC serta Service Valve

Kebocoran AC yang menyebabkan AC tidak dingin bisa saja karena ada pipa AC atau pipa fleksibel yang bocor. Kebocoran itu biasanya karena part-nya sering kena gesekan dengan part yang lainnya, sehingga dinding komponennya terjadi kebocoran. Tandanya ada yang bocor yaitu ada oli di bagian sambungan pipanya.

Jangan lupa cek juga di bagian service valve-nya apakah ada bekas oli atau tidak. Kalau ada, berarti service valve-nya kena dampak kebocorannya.

Periksa Evaporator

Komponen yang bisa kamu service AC mobil sendiri di rumah yaitu periksa evaporator. Komponen ini lebih gampang lagi kamu cek karena cukup rasakan hembusan anginnya saja. Kalau kamu hanya merasakan angin yang biasa saja (tidak dingin), berarti evaporatornya penuh kotoran. Bersihkan dengan evaporator secara rutin, setidaknya 1 bulan sekali agar suhu AC mu tetap dingin.

Tidak usah lagi kamu bawa ke bengkel AC mobil karena dengan cara-cara di atas, kamu bisa memeriksanya sendiri. Berbeda kalau kondisi komponennya memang sudah rusak berat, kamu harus segera service AC kendaraanmu agar kondisinya tidak semakin parah.

Written by