Inilah 5 Alternatif Pengobatan Cacar Air Dewasa Secara Alami yang Bisa Dicoba

Inilah 5 Alternatif Pengobatan Cacar Air Dewasa Secara Alami yang Bisa Dicoba

Pada dasarnya penyakit cacar air memang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit cacar air dewasa ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella, sehingga menyebabkan permukaan kulit kemudian ditumbuhi atau muncul lentingan-lentingan kecil yang berisi air. Penyakit yang satu ini nyatanya juga sangat mudah menular, diantaranya adalah kepada mereka yang belum pernah terkena cacar air sebelumnya, ataupun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar air.

Meskipun kebanyakan terjadi pada anak-anak, hanya saja memang tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa untuk terserang penyakit yang satu ini. Bahkan jika dibiarkan nantinya penyakit tersebut akan berkembang lebih berbahaya lagi yaitu menyebabkan herpes zoster pada kemunculan keduanya. Lentingan dari penyakit ini terasa jauh lebih perih dan sakit dibandingkan dengan cacar air biasa, sehingga patut untuk diwaspadai. Ada baiknya untuk segera dilakukan pengobatan jika seandainya sudah mulai teridentifikasi gejala-gejalanya.

Khusus untuk alternatif pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, maka Anda juga bisa mencoba alternatif pengobatan alami berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Istirahat secara cukup, dengan istirahat secara cukup hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, sehingga nantinya berguna di dalam melawan virus yang jadi penyebab penyakit cacar tersebut, sehingga perlahan nantinya tubuh Anda juga akan mulai pulih atau membaik. Jadi cukupi waktu istirahat, mulai mengurangi aktivitas sehari-hari, bed rest.
  2. Mandi dengan oatmeal, lentingan pada cacar ini memang disertai dengan rasa gatal, sehingga sering kali banyak diantaranya yang tidak tahan untuk menggaruk bagian tersebut, jangan digaruk, salah stau upaya untuk mengatasinya adalah dengan mandi dengan air hangat uang dicampur oatmeal. Oatmeal khususnya adalah jenis koloid ini sendiri memiliki efek antiradang dan juga antioksidan yang sangat bagus bagi Anda ketika terkena cacar air. Setidaknya bisa membantu menenangkan dan juga melembabkan kulit Anda, juga sedikit mengurangi rasa gatalnya.
  3. Mandi memakai baking soda, selain oatmeal, maka baking soda ini juga sangat bagus untuk meredakan rasa gatal pada cacar tersebut. Caranya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menambahkan 5 hingga 7 makan sendok baking soda kedalam air yang Anda gunakan untuk mandi tersebut, hendaknya pakailah air hangat sehingga hasilnya lebih efektif.
  4. Gunakan lotion calamine, produk yang satu ini mudah sekali dijumpai di pasaran, ia memiliki rasa yang sedikit hangat, sehingga efektif dipakai untuk meredakan rasa gatal tersebut. Hendaknya oleskan lotion tersebut menggunakan jari-jari yang bersih atau dengan memakai kapas, sehingga dapat menjamin kebersihannya, tidak akan memicu infeksi yang kian buruk.
  5. Kompres memakai tes chamomile, teh chamomile ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain dapat digunakan dengan cara menyeduhnya, maka ia juga dapat dipakai dengan dibuat sebagai kompres. Mengandung antiseptik dan juga antiradang yang berfungsi untuk mengurangi gejala dari penyakit cacar air tersebut. Cukup dengan melarutkan 3 kantong teh tersebut dengan sebaskom air hangat, kemudian pakei sebagai kompres pada area yang berlenting karena cacar.

Mudah bukan, hanya saja harus dilakukan secara rutin, sehingga nantinya manfaat penyembuhan yang didapatkan juga bisa lebih optimal. Langkah tersebut tak hanya bisa dipakai untuk mengobati cacar air dewasa melainkan juga anak-anak.

Written by