Langkah Mendesain Brosur Makanan di Microsoft Word

Langkah Mendesain Brosur Makanan di Microsoft Word

Brosur pada umumnya adalah bentuk pemasaran untuk menawarkan sebuah produk ataupun jasa. Dengan membaca brosur kita dapat mengetahui tentang suatu barang yang ditawarkan atau suatu promo yang sedang berlangsung. Agar dapat menarik customer, brosur didesain sekreatif mungkin. Berikut adalah cara desain brosur makanan melalui Microsoft Word.

  • Siapkan Dokumen yang Baru di Word

Pertama, Anda siapkan dokumen yang kosong di word. Bisa juga dengan memulai dengan salah satu template brosur. Di word sendiri banyak menawarkan template yang bisa Anda pilih. Jika Anda lebih senang berkreasi, disarankan membuat dokumen kosong dan tidak terpaku pada template.

  • Atur Tata Letaknya

Apabila Anda memulai dengan halaman kosong, buat tata letak dengan memilih ‘Layout’. Pilih ‘Orientation’. Kemudian ubah dari posisi portrait ke posisi landscape. Fungsinya agar Anda lebih leluasa dalam mengedit brosur dalam posisi ini. Brosur yang diedit sendiri tentunya akan lebih puas saat selesai dibuat.

  1. Atur Margin

Langkah selanjutnya klik ‘Margin’ lalu sesuaikan ke 0,5”. Untuk ukuran bisa saja lebih kecil tergantung konsep desain brosur makanan Anda. Margin di bagian ini digunakan untuk membuat space putih di sekitar batas brosur. Jika ingin menggunakan latar berwarna, dapat melakukan Margin > Margin Custom.

  • Pilih Tema

Langkah selanjutnya pilih tab ‘Design’ dan pilih ‘Theme’ sesuai yang Anda inginkan. Pastikan warna dan corak tema sesuai dengan produk makanan Anda. Disarankan untuk Anda yang ingin memakai desain brosur makanan untuk untuk yang berwarna cerah. Untuk tema akan mengisi otomatis ke bagian laman kerja.

  • Membuat Struktur Dasar

Selanjutnya menuju tab ‘View’ lalu pilih ‘Ruler’ and ‘Gridlines’. Pilihan tersebut digunakan agar dapat membuat jarak yang tepat. Jika Anda menggunakan Margin 0.5”, buat agar kotak teks lebarnya 3”. Bisa dibuat lebih pendek tergantung dari teks yang Anda sisipkan. Untuk menyisipkannya, buka tab ‘Insert’ > ‘Text Box’.

  • Buat Columns

Anda membutuhkan setidaknya tiga kolom dengan dua halaman, klik tab ‘Layout’ > ‘Columns’ > ‘Three’. Halaman awal digunakan sebagai lipatan depan, belakang, serta dalam brosur. Untuk halaman kedua dijadikan bagian dalam brosur. Untuk menempatkan kotak teks menjadi tiga kolom gunakan ‘Ruler’ dan ‘Gridlines’.

  • Masukkan Kontennya

Anda sekarang memiliki enam kolom di desain brosur. Tak hanya dengan teks, Anda juga dapat menambahkan bagan, bentuk dan juga gambar. Masuk tab ‘Insert’ pilih ‘Shapes’ atau jika ingin membuat tabel tertentu pilih ‘Table’. Anda dapat menambahkan item gambar berformat ‘.png’ maupun ‘.jpg’ dengan mengklik ‘Pictures’

  • Buat Grup Konten

Konten Anda akan masuk ke dalam grup konten header dan subjudul. Bisa juga masuk ke dalam sekumpulan bentuk yang membentuk desain tadi. Pilih masing-masing tiga objek yang telah dibuat tadi dan ubah ke dalam ‘Group’. Hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memindahkannya secara bersamaan saat ingin mengeditnya.

  • Simpan di Dua Format

Langkah yang terakhir hanya alternatif, simpan dalam format .pdf. Tujuannya yaitu agar mengantisipasi apabila terjadi kesalahan warna dan kompatibilitas dalam proses percetakan. Yang satunya disimpan dalam format ‘.docx’ agar jika di kemudian hari diperlukan perubahan informasi, masih ada backup.

Uraian di atas adalah langkah untuk membuat desain brosur makanan melalui Word. Anda dapat mendesain menurut kreativitas Anda masing-masing. Sebuah desain brosur akan lebih baik tergantung seseorang yang membuatnya dan keahlian dalam konsep desain. Jika Anda mengalami kendala dalam pembuatan desain brosur, dapat mengunjungi fastwork.id.

Written by