Mencegah Alergi Susu Pada Bayi Yang Wajib Orang Tua Pahami

Mencegah Alergi Susu Pada Bayi Yang Wajib Orang Tua Pahami

Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. oleh karena itu mereka akan memberikan nutrisi yang maksimal untuk anaknya. Namun terkadang ada hal yang membuat pertumbuhannya terganggu. salah satunya adalah menderita alergi susu sapi. Alergi ini memang sering diderita oleh bayi. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang tidak bisa menerima protein susu sapi. Sistem kekebalan tubuh menganggap zat tersebut sebagai zat yang berbahaya. Lalu bagaimana mencegah alergi susu pada bayi?

Tips Mencegah Alergi Susu Pada Bayi

Bayi usia 0-6 bulan sebenarnya wajib diberikan asi ekslusif. Namun sayangnya masih banyak bayi yang tidak mendapatkan hak itu. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti produksi asi yang sedikit, stress, kelelahan, menderita penyakit tertentu dan masih banyak lainnya. akhirnya untuk memenuhi nutrisi anak, orang tua memilih untuk memberikan susu formula atau donor asi.

Namun sayangnya pemberian susu formula tidak semudah yang dpikirkan. Banyak bayi yang mengalami alergi susu sapi. Sehingga harus lebih hati-hati memilih susu formula yang tepat. menurut ikatan dokter anak indonesia. 3 hingga 4 persen bayi di indonesia mengalami alergi susu sapi. Bahkan sebagian besar dialami oleh bayi yang berusia dibawah 1 tahun.

Anak yang menderita alergi susu sapi, harus diberikan terapi susu formula yang tepat. anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter anak. Karena mencegah alergi susu pada bayi, tidak bisa dilakukan. Ada beberapa aleternatif susu formula yang bisa diberikan pada bayi penderita alergi susu sapi. Seperti :

  • Susu formula yang mengandung asam amino
  • Susu formula hidrolisy ekstensif
  • Atau susu formula kedelai (soya)

Setiap jenis susu formula diberikan pada penderita alergi sesuai dengan tingkatan penderitanya. Oleh karena itu penting untuk berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Risiko alergi susu sapi bisa disebabkan oleh keturunan dari orang tuanya. Anda bisa mengecek riwayatnya terlebih dahulu. Bila tidak ada indikasi berbahaya, tetap berikan asi ekslusif selama 6 bulan. ini bisa membantu anda terhindari dari alergi susu sapi.

Konsumsi susu formula hidrolisat parsial juga mampu mencegah terjadinya alergi ini. tapi ketika anak sudah menderita alergi, susu formula ini tidak bisa diberikan. Selain itu selalu perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pastikan tidak makan dan minuman susu sapi atau produk makanan yang mengandung protein sapi. Dengan begitu anak anda tidak akan timbul gejala alergi susu sapi.

Jadi bila anak menderita alergi susu sapi, tidak perlu panik. Karena sekarang sudah banyak susu formula yang bisa digunakan bagi penderita alergi susu sapi. Anak anda akan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dan tumbuh dengan baik. Demikian informasi tentang mencegah alergi susu pada bayi. Semoga bermanfaat.

Written by