Paket Wisata Dieng Murah Itu Banyak, Lalu Jika Backpackeran Lebih Hematkah?

Paket Wisata Dieng Murah Itu Banyak, Lalu Jika Backpackeran Lebih Hematkah?

Dataran tinggi Dieng dengan udara dingin dan segar khas pegunungan masih menjadi salah satu tujuan wisata yang digandrungi banyak orang. Tempat wisata Dieng berada di antara dua kabupaten yakni Banjarnegara dan Wonosobo. Cara termudah menuju Dieng memang menggunakan kendaraan pribadi. Namun, pilihan paket wisata Dieng merupakan alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan transportasi umum.

Kisaran Harga Paket Wisata Dieng

Penyedia jasa tour ke Dieng cukup banyak dan bisa dipilih sesuai dengan harga dan paket yang ditawarkan. Pada umumnya terdapat beberapa paket wisata dari one day tour, paket wisata lebih dari satu hari (2D1N, 3D2N), paket khusus wisata keluarga, paket khusus pendakian Gunung Prau hingga paket spesial bulan madu.

Harga yang dipatok pun beragam, dan rata-rata berada pada kisaran mulai dari Rp 150.000-an hingga jutaan. Biasanya untuk paket spesial bulan madu dipatok dengan harga yang lebih mahal dibandingkan paket lainnya. Beragamnya paket yang ditawarkan akan memudahkan Anda untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mendatangi langsung penyedia jasa tour atau cukup menghubungi lewat telepon.

Pemandu wisata juga disediakan oleh penyedia jasa tour sehingga selain pesona alam pegunungan, Anda juga bisa mendapatkan informasi guna menambah pengetahuan. Paket lengkap, bukan? Selain menyediakan paket wisata, penyedia jasa tour biasanya juga menyewakan peralatan camping dengan harga bersaing, rental sepeda motor dan mobil, perlengkapan outbond, dan jasa penyewaan penginapan.

Menuju Dieng Menggunakan Transportasi Umum Tidak Kalah Seru

Apabila Anda tertantang untuk menjangkau Dieng tanpa jasa tour, transportasi umum adalah pilihan yang patut dicoba. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bisa memanfaatkan kereta api dan turun di stasiun terdekat yakni stasiun Purwokerto. Kini, terdapat angkutan terusan dari stasiun Purwokerto langsung menuju Dieng. Jam keberangkatannya pun dibagi menjadi beberapa waktu.

Angkutan terusan tersebut berupa shuttle bus yang mampu menampung sekitar 12 orang dengan tarif kisaran Rp 50.000,-. Angkutan lain yang bisa digunakan adalah travel menuju Wonosobo dengan kisaran harga Rp 100.000-an atau pun bus umum jurusan Wonosobo. Namun, Anda harus siap berganti kendaraan lagi yang bisa mengantar ke Dieng setibanya di Wonosobo.

Biasanya, harga angkutan umum dari Wonosobo ke Dieng berkisar Rp 20.000-an atau bisa lebih. Perjalanan dari Purwokerto ke Wonosobo memakan waktu sekitar 3 jam, dan ditambah sekitar 1 jam lebih perjalanan dari kota Wonosobo ke Dieng. Dengan begitu, Anda harus memperhitungkan waktu agar sampai di Dieng pada waktu-waktu yang diinginkan.

Perjalanan menuju Dieng dengan berganti transportasi umum tidak kalah seru karena Anda bisa memiliki pengalaman menjelajah satu kota ke kota lainnya. Jadwal keberangkatan pun Anda sendiri yang menentukan. Rasa lelah berganti kendaraan akan terbayarkan oleh keindahan pemandangan sepanjang jalan menuju Dieng. Anda akan dibawa ke atas seolah menjauh dari permukaan bumi.

Apabila Anda beruntung maka akan dapat menyaksikan kabut yang sedang turun, menyelimuti sisi kanan dan kiri daerah yang dilewati, Anda akan merasakan sensasi berada di negeri di atas awan. Dikelilingi oleh kabut yang sangat lebat dan putih hingga bukit hijau tidak terlihat. Dijamin decak kagum tidak ada hentinya saat menyaksikannya.

Berwisata ke Dieng menggunakan jasa tour atau pun memilih backpacker sama-sama mengasyikkan. Tergantung dari keinginan Anda untuk menikmati keindahan Dieng dengan style wisata seperti apa. Jika menyinggung soal harga, maka Anda sendiri yang bisa menyimpulkan karena bagi kebanyakan orang untuk sebuah kepuasan berwisata, terkadang kenyamananlah yang diutamakan bukan harga.

Written by