Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server

Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server

Ada cukup banyak istilah dalam dunia IT yang sebenarnya penting untuk diketahui, terutama Anda yang berkecimpung di dunia internet. Bukan sebagai praktisi, melainkan Anda yang ingin membuat website untuk memulai bisnis Anda pun perlu mengetahuinya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang colocation server dan dedicated server.

Pernahkah Anda mendengar tentang kedua istilah tersebut sebelumnya?

Perlu diketahui bahwa baik colocation server dan juga dedicated server bukan hal baru dalam dunia IT. Memang, keduanya merupakan pembaruan dari sistem sebelumnya, namun kini sudah banyak diaplikasikan terutama oleh perusahaan yang memerlukan server sendiri dan juga keamanan data yang cenderung lebih aman.

Apa itu Colocation Server dan Dedicated Server?

Tentu, untuk mengetahui perbedaan antara colocation server dan dedicated server, ada beberapa pengertian mendasar yang harus Anda perhatikan.

Colocation server adalah sebuah layanan di mana perusahaan akan menaruh server di data center pihak ketiga atau penyedia layanan. Dengan demikian, maka perusahaan tersebut tidak perlu mengeluarkan beragam biaya yang digunakan untuk membangun sistem atau infrastruktur IT dan mencari ahli IT untuk pengelolaannya.

Umumnya, terkait colocation server ini, perusahaan hanya perlu untuk menyediakan server yang digunakan lalu menyerahkannya pada penyedia layanan untuk kemudian disimpan. Dalam hal ini, penyedia layanan colocation server akan menyediakan tempat penyimpanan, pendingin, power supply, keamanan fisik serta bandwidth.

Dengan beragam layanan tersebut, maka perusahaan akan bisa mengurus hal-hal lainnya tanpa memiliki beban pada pengurusan IT. Tentu saja, hal ini cenderung lebih menguntungkan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan dedicated server tersebut?

Nah, dedicated server adalah layanan di mana sebuah perusahaan menyewa server khusus di penyedia hosting. Nantinya, website perusahaan tersebut akan memiliki server yang terpisah dan tersendiri. Layanan ini menawarkan fleksibilitas dan kekuatan server yang cukup luar biasa. Namun, umumnya layanan ini hadir dalam harga yang premium.

Tentu saja, dengan layanan khusus yang diberikan, serta harga yang cukup mahal, maka penting bagi perusahaan untuk melakukan riset tentang penyedia layanan tadi. Dengan riset yang dilakukan, tentu saja perusahaan akan terhindar dari kesalahan pemilihan, terutama mendapatkan layanan mahal namun kurang sempurna.

Manfaat Colocation Server dan Dedicated Server

Baik colocation server dan dedicated server memiliki cukup banyak manfaat yang menarik, terutama untuk memperbarui sistem perusahaan. Adapun manfaat dari colocation server diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih hemat biaya
  • Keamanan yang sudah terjamin
  • Tidak perlu upgrade sistem server
  • Server non-stop 24 jam

Sementara manfaat dari dedicated server diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Akses yang penuh pada website
  • Lebih efektif karena bisa remote server
  • Keamanan yang bagus
  • Tidak terganggu aktivitas data lainnya

Anda bisa saja mempertimbangkan kedua poin tersebut untuk dipilih. Nah, jika Anda ingin mencari penyedia colocation server yang berpengalaman untuk berkonsultasi, maka Anda bisa mengklik laman www.neucentrix.co.id dan melihat beragam layanan yang diberikan!

 

 

Written by