Tips Mudah Membuat Denah Rumah Impian Bergaya Minimalis

Denah Rumah Impian Bergaya Minimalis

Biasanya kita hanya mengandalkan arsitek atau kontraktor dalam merancang atau merenovasi rumah. Meski begitu, terkadang ada saja beberapa detail dan bagian yang kurang pas dan tidak sesuai keinginan Anda. Nah, berikut ini trik mudah membuat denah rumah impian dengan gaya minimalis yang bisa Anda coba.

Perhatikan Kebutuhan Setiap Penghuni Rumah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar kebutuhan setiap penghuni rumah. Berapa kamar yang dibutuhkan, apakah memerlukan kamar mandi di dalam kamar atau cukup berada di lantai dasar. Membuat space khusus untuk taman atau ruang baca bisa Anda pertimbangkan.

Setelahnya Anda bisa membuat skema aktivitas para penghuni rumah. Denah rumah yang baik akan memudahkan mobilitas penghuni rumah dalam beraktivitas. Perhatikan juga area-area service seperti dapur, ruang laundry dan gudang jika memang dibutuhkan.

Mulai Buat Konsep Denah Rumah Sederhana dengan Garis

Setelah mengetahui kebutuhan serta siklus mobilitas para penghuni rumah. Anda bisa mulai merancang denah rumah impian dengan sketsa garis. Anda bisa menggambarkan lahan atau luas bangunan yang dimiliki dan mengimplementasikan ruangan-ruangan yang dibutuhkan.

Gunakan kertas millimeter block khusus yang akan membantu Anda menentukan skala dan ukuran ruangan yang dibutuhkan. Anda juga bisa membuat desain dan denah rumah melalui beberapa aplikasi gratis seperti PlainningWiz dan ExhibitCore yang cara pengoperasiannya juga cukup mudah.

Detailkan Denah dan Tata Perabotan yang Dibutuhkan

Setelah menemukan tata letak ruang yang tepat, Anda bisa mulai mendetailkan sketsa dengan tambahan model pintu dan jendela juga arah bukaannya. Setelahnya Anda juga bisa langsung menata perabotan apa saja yang dibutuhkan dalam ruangan.

Dalam penataan ini, Anda bisa langsung menambahkan perabotan dalam file desain lewat aplikasi PlainningWiz atau ExhibitCore yang dapat menampilkan dalam dua dimensi dan tiga dimensi. Pada tahap ini Anda bisa mendiskusikan jenis material bangunan yang akan digunakan juga sekaligus desain interior dasar pada ruangan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat denah rumah impian. Meski mendesain sendiri, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi pada kontraktor atau arsitektur untuk mempertimbangkan denah yang Anda buat.

Written by